'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
SISWA JURUSAN KEPERAWATAN MEMBANTU POSYANDU LANSIA
30 April 2018 11:47 WIB | dibaca 548

Probolinggo_Sabtu 21 April, Siswa SMK Muhammadiyah 1 membantu kegiatan yang rutin diadakan tiap bulan sekali oleh Majelis Kesehatan Pimpinan Daerah 'Aisyiyah yang bertempat di Rumah Ibu Djunaidah yang juga berprofesi sebagai Bidan.

Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.

Posyandu lansia / kelompok usia lanjut adalah merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat atau /UKBM yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan itu sendiri khususnya pada penduduk usia lanjut. Pengertian usia lanjut adalah mereka yang telah berusia 60 tahun keatas.



 

Tujuan Posyandu Lansia
Tujuan pembentukan posyandu lansia secara garis besar antara lain :
a. Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia
b. Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

  

Sasaran Posyandu Lansia 
1. Sasaran langsung
Kelompok pra usia lanjut (45-59 tahun)
Kelompok usia lanjut (60 tahun keatas)
Kelompok usia lanjut dengan resiko tinggi (70 tahun ke atas)

2. Sasaran tidak langsung
Keluarga dimana usia lanjut berada, warga muhammadiyah serta Masyarakat luas

(Op.Neni)

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari